Penemu Copy-Paste | Larry Tesler

By April 10, 2018Informasi

Kehidupan manusia modern dewasa ini memang tak bisa lepas dari Smartphone, Laptop, Tablet dan gadget canggih lainnya. Hampir semua kegiatan Kantor, Negara, bahkan administrasi Desa menggunakan laptop dan komputer, segala proses dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Dari sekian banyak fitur yang tertanam di dalam gadget kita saat ini, ada fitur luar biasa yang sangat membantu pekerjaan kita yaitu Cut, Copy, Paste. Larry Tesler adalah sang penemu fitur ini. wahhh bagaimana jadinya ya pekerjaan kita saat ini kalau tak ada fitur Copas?. mungkin akan memakan waktu, tenaga dan  pikiran berkali – kali lipat.

Tentang Larry Tesler

Larry Tesler adalah pria kelahiran New York, 24 April 1945. Bagi orang yang awam dengan teknologi komputer mungkin orang ini tak se-familiar Bill Gates & Steve Jobs. Tapi dalam kenyaataannya Tesler sangat berpengaruh dalam dunia teknologi. Ia adalah seorang ilmuwan yang bekerja di Xerox  PARC pusat penelitian komputer yang berlokasi di Paulo Alto, California.

Awal penemuan Copy-Paste

Saat itu ia sedang dalam  pemograman sistem Smalltalk-76 di tahun 1973 -1976. Saat itu ia dalam project yang mengharuskannya merangkap teks dalam jumlah banyak kedalam penyimpanan internal. saat itulah fitur “Cut”, “Copy” dan “Paste” diciptakan.

Di tahun 1980 ia kemudian bergabung ke perusahaan Apple Computer sebagai ketua divisi pengembangan teknologi komputer. Selain itu ia turut serta dalam pembuatan aplikasi Komputer Mac. disana mulai dikembangkan fitur ini dengan menanamkannya pada huruf – huruf dalam keyboard komputer. Ctrl + C untuk “Copy”, Ctrl + X untuk “Cut” dan Ctrl + V untuk “Paste”. Semakin optimal dengan ditambahkannya Ctrl + Z untuk “pembatalan/undo”. Disusul oleh Microsoft yang mengadopsi fitur ini.

Kesusksesan

Tahun 1997 Tesler memutuskan keluar dari Apple Computer. Pencapaiannya tak sampai disitu saja, ia sempat bergabung dengan dengan perusahaan raksasa Amazon dan Yahoo, di kedua perusahaan itu ia menjabat sebagai wakil presiden. Saat ini Tesler adalah seorang konsultan teknologi independen sambil terus menyerukan semangat “Coding” bagi anak – anak muda Amerika setelah bertahun – tahun bekerja untuk perusahaan besar.

Source : dari berbagai sumber.

Join the discussion One Comment

Leave a Reply