10 Jenis Logam Sebagai Konduktor Terbaik

By Agustus 28, 2018Informasi, Listrik
jenis logam

Pengertian Konduktor

Energi listrik dan energi panas dapat dialirkan pada suatu wadah atau media tertentu. Media yang dapat mengalirkan arus listrik dan panas dengan baik disebut konduktor. Selain itu ada juga media yang sulit mengalirkan energi panas dan listrik adalah isolator. Beberapa media konduktor yang sering kita temui seperti Besi, Baja & Tembaga. Sedangkan beberapa isolator adalah seperti Plastik, karet, kertas, kayu dll. konduktivitas termal merupakan ukuran yg berpacu pada kemampuan panas atau listrik melewati media konduktor. Secara umum Jenis Logam bersifat konduktor

Jenis Logam Sebagai Konduktor

Logam jenis perak merupakan patokan untuk semua konduktivitas, semua jenis logam dibandingkan dengan perak. Di skala 0 – 100 perak memiliki nilai 100 yang berarti ia memiliki tingkat konduktivitas tertinggi. Selain mempunyai tingkat konduktivitas tertinggi perak juga tidak menimbulkan percikan api dengan mudah. Dalam hal ini perak berfungsi optimal dalam penggunaaan untuk kebutuhan listrik seperti sirkuit dan kontak.

Kebanyakan orang percaya bahwa emas adalah konduktor terbaik dibanding perak, padahal dalam kenyataanya emas hanya punya nilai 76 dari skala 0 – 100.

Berikut ini urutan logam sebagai konduktor yang terbaik.

1. Perak

Perak adalah jenis logam dengan simbol (Ag) yang berasal dari bahasa latin Argentum, dengan nomor atom 47, perak murni bersifat lunak, berkilau dan putih. Perak memiliki konduksi listrik, kondukvitas termal, dan revlektivitas tertinggi diantara semua jenis logam.

2. Tembaga

Tembaga dengan nomor atom 29 memiliki simbol (Cu) atau Cuprum dari bahasa latin. Merupakan konduktor terbaik dibawah perak. sayangnya tembaga termasuk mudah korosi dengan cepat.

3. Emas

Emas dalam tabel periodik yang memiliki simbol (Au) atau dalam bahasa latin : Aurum. dengan nomor atom 79. Merupakan logam transisi Trivalen dan Univalen. Dan memiliki sifat lembek, berkilau, berat, kuning “malleable”, dan “ductile”. Emas tak bereaksi dengan unsur kimia lain terkecuali klorin, fluorin dan aqua regia. Emas dapat melebur pada suhu sekitar 1000 Derajat celsius.

Baca juga : Pengertian & Prinsip Kerja Sollar Cell

4. Alumunium

Alumunium (Al) dan memiliki bahasa yang sama pada bahasa latin adalah salah satu jenis logam paling melimpah di muka bumi. selain banyak, alumunium juga memiliki sifat konduktor yang baik untuk listrik dan panas. selain itu alumunium banyak dimanfaatkan menjadi macam – macam bentuk alat apapun, dan tak mudah terkena korosi.

5. Seng

Seng atau zinc (Zn) adalah logam yang paling tua dan telah digunakan oleh manusia pada abad ke 10.   seng memiliki sifat putih kebiruan, serta berkilau. selain itu seng menjadi logam dengan suhu lebur terendah diantara logam jenis lainnya. berada pada titik 100 – 150 Derajat celsius.

6. Nikel

Nikel (Ni) adalah konduktor/Logam yang memiliki sifat tahan karat. Nikel pada dasarnya bersifat lunak atau lembek. dan merupakan salah satu unsur tambahan untuk pembuatan baja agar kuat dan tahan dari korosi.

7. Kuningan

Kuningan merupakan logam campuran yang terdiri dari unsur Tembaga (Cu) dan Seng (Zn). Persentase perbandingan untuk membuat kuningan tergantung pada kualitas kuningan yang ingin dihasilkan. Kebanyakan logam kuningan terdiri dari kadar tembaga 60 – 90% dari total keseluruhan

8. Perunggu

Perunggu adalah sebuah logam campuran yang terdiri dari Tembaga sebagai komponen utama. Dengan tambahan beberapa jenis logam lain seperti Timah (Sn). Logam lain pun dapat ditambahkan untuk menentukan karakter dari perunggu sendiri seperti Mangan (Mn), Alumunium (Al), Silikon (Si) dan Fosfor (P). Kebanyakan perunggu terdiri dari  88% Tembaga dan sisanya 12% adalah timah.

Artikel lain : Perang Arus (War of Currents) | Nikola Tesla VS Thomas A. Edison

9. Besi

Besi adalah salah satu jenis logam yang paling banyak ditemukan dalam kehidupan sehari – hari. Simbol besi yaitu (Fe) atau Ferrum dalam bahasa latin. dan memiliki nomor atom 26. Besi menjadi salah satu jenis logam yang paling banyak bentuknya dan sangat beragam. Ini dikarenakan jumlah besi di dunia sangat melimpah. Pengolahannya yang mudah dan murah menjadikan besi memiliki banyakan sisi positif. Sayangnya besi mudah mengalami korosi.

10. Platina

Platina (Pt) yang memiliki nomor atom 78 adalah salah satu jenis logam langka di bumi. karena langka platina memiliki nilai ekonomis yang tinggi layaknya emas. biasanya logam – logam seperti emas dan platina kurang reaktif pada bahan kimia lain. Bahkan bisa menjadi mata uang maupun perhiasan.

Demikian Jenis – jenis logam dengan konduksivitas terbaik yang dapat menghantarkan panas dan listrik. Nilai konduksivitas hanya berpacu pada kemampuan panas yang mengalir pada logam tersebut. tidak berpatokan pada nilai ekonomis seperti pada emas dan platina.

 

RH

 

 

Leave a Reply